Senin, 14 Mei 2012

Bom Rakitan Meledak di Bentrok Ambon, 40 Luka


Suasana di kota Ambon masih tegang paska bentrokan antara dua kelompok massa yang terjadi sekitar pukul 05.30 WIT pagi tadi, Selasa 15 Mei 2012. Bentrokan yang terjadi setelah perayaan pawai obor Pattimura itu mengakibatkan kerusakan di berbagai tempat. 

Pantauan VIVAnews, suasana lokasi bentrokan di Jalan Rijali dan Jalan Tulukabessi, kota Ambon, masih terlihat tegang. Jalan yang menjadi lokasi bentrok ini merupakan salah satu jalan utama masuk ke Ambon. 

Massa yang berjumlah ratusan orang dari kedua pihak masih duduk-duduk di pinggir jalan. Aparat TNI-Polri sudah disiagakan tepat di tengah-tengah massa. Konsentrasi massa masih berada di pinggir-pinggir jalan. 

Dua mobil tank jenis Anoa milik Kodam dan satu unit mobil Barakuda milik Polda masih disiagakan di tengah-tengah lokasi kejadian. Akibat bentrokan ini, sedikitnya 40 orang dari kedua pihak mengalami luka-luka. 

Sebagian besar korban mengalami sabetan parang, terkena busur panah, lemparan batu, dan ada pula akibat ledakan mirip bom rakitan. Dugaan bom rakitan itu sempat dilemparkan ke arah kerumunan warga di Jalan Tulukabessy V Kecamatan Sirimau. Para korban dirawat di RSUD Haulussy, RS Sumber Hidup, dan RSUD Alfattah. 

Kerusakan juga terjadi di beberapa titik. Sejumlah kerusakan yang terjadi antara lain, sembilan unit motor terbakar, dua unit rumah warga ludes hangus terbakar, dan satu toko juga dibakar massa. Terlihat juga satu unit mobil Avanza rusak berat. 

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari petugas berwenang, sehingga motif utama bentrokan ini belum dapat diketahui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar