Minggu, 20 Mei 2012

Maling Bobol Sekolah


SUKOHARJO-Aksi pencurian dengan sasaran sekolah kembali terjadi di wilayah Bulu, Jumat (18/5) malam. Dua unit perangkat komputer raib setelah maling membobol SDN Tiyaran 3 dan menggondol dua central processing unit (CPU) serta dua monitor.

Menurut salah seorang guru, Th Tri Saptorini, aksi pencurian baru diketahui Sabtu (19/5/2012) pagi, setelah kedatangan penjaga sekolah. Tri mengatakan akibat kejadian itu sekolah rugi sekitar Rp10 juta dan kesulitan membuat laporan administrasi kegiatan-kegiatan SD.

“Kejadian jam berapa tidak ada yang tahu. Tapi saat penjaga sekolah datang, pintu dapur dan pintu belakang ruang guru sudah terbuka dan ada bekas congkelan,” ujarnya ketika dijumpai solopos.com di SD Negeri Tiyaran 3, didampingi guru-guru lain, Sabtu (19/5).

Kepala SD Negeri 3 Tiyaran, Wuryanto SPd, menyatakan sekolah sudah berupaya melakukan pengamanan untuk mencegah aksi pencurian. Dia menjelaskan komputer sempat dibawa pulang, namun dibawa ke sekolah lagi untuk persiapan mengikuti lomba.

“Kami sudah berupaya mengantisipasi. Ternyata pencuri berhasil masuk dan menggondol komputer milik sekolah. Kejadian ini telah kami laporkan pada yang berwajib,” tandasnya.
Guru lain, Marsudi, menyebutkan pencuri mengambil dua CPU dan dua monitor di ruang komputer sekaligus ruang kepala sekolah setelah menjebol tiga pintu. Dikemukakan pula, pencuri sengaja masuk lewat pintu belakang diduga untuk menghindari kecurigaan warga.

Menurut Marsudi, selain komputer, di ruangan yang sama disimpan pengeras suara wireless, tape, printer, dan beberapa peralatan lainnya. Tetapi pencuri hanya mengambil CPU dan monitor serta meninggalkan barang-barang dan perlengkapan lainnya di dalam ruang komputer, termasuk uninterruptible power supply (UPS).

Seperti pernah diberitakan, aksi pencurian dengan sasaran sekolah sebelumnya terjadi di SD Negeri Gentan 1, SD Negeri Ngasinan 4, dan beberapa SD lain. Pencuri umumnya mengambil komputer dan pelengkapan lain yang dinilai cukup berharga. Pencurian SD relatif mudah karena tidak dilengkapi petugas jaga malam.
solopos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar